LOGO GARUDA MERAH DAN LOGO GARUDA INDONESIA

|


Judul               : Garuda merah (Prabowo Hatta)
Media              : Desain grafis (Vector)
Jenis karaya   : Logo Capres
Tahun              : 204

Logo Garuda merah ini merupakan logo dari salah satu Kandidat calon presiden dan wakil presiden pemilu tahun ini ( 9 juli 2014 ).Logo ini di buat oleh siapa yang sampai sekarang msaih di pertanyakan dan pembuat logo belum berani mengakui, yang jelas logo ini milik logo salah satu kandidat pemilu 2014.Logo garuda merah yang dimana membentuk seperti logo garuda Indonesia tetapi di blok dengan warna merah ini mendapat kecaman sadih terhadap masyarakat Indonesia, terutama dari masa pendukung kubu lawan.Mungkin karena inilah pembuat logo belum berani muncul kepermukaan dan mengkaui kalau logo tersebut adalah buatannya.
Logo garuda merah putih ini sengaja blok warna merah yang mempresentasikan warna keberanian dengan pendekatan atau visualisasi sifat kandidatnya. Bentuk dan struktur logo ini merupakan siluet dari lambang Negara Republik Indonesia.Logo garuga merah ini menghilangkan unsur atau symbol-simbol yang ada di garuda aslinya, yang dimana lambang garuda aslinya terdapat 5 simbol pancasila, tulisan bhinika tunggal ika dan struktur bulu garuda yang jumlahnya sesuai tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia.
Pesan yang akan di sampaikan dri logo garuda merah ini adalah keberanian, simpel atau sederhana untuk Indonesia yang sejahtera.Keberanian disini di unggapkan oleh warna logo merah nge-blok yang dimana warna merah adalah warna keberanian. Pembuat ingin memanggkat sifat dasar kandidatnya dengan symbol warna merah.
Simpel atau sederhanaan disini bisa dilihat dari gaya siluet dari logo atau lambang garuda Indonesia, yang artinya kandidat capres atau cawapres ini ingin menyampaikai ketegasan yang cekatan dan simple tanpa banyak basa-basi.
Indonesia jelas merupakan acuan utama untuk mnrapkan visi dan misi kandidat tersebut, maka dari itu di sampaikanlah dengan pemakaian logo garuda Indonesia. Kandidat ingin menunjukan bahwa gerakan misi dan misi kita adalah dari dan untuk Indonesia.
Naun logo ini tidak begitu indah dan tidak begitu pantas untuk masyarakat Indonesia terutamanya masa pendukung kandidat lain. Logo ini di anggap menyalah gunna logo garuda Indonesia yang sebenarnya. Masyarakat mengganggap ini sebuah pendzoliman terhadap martabat bangsa kita yang dimana dalam logo garuda Indonesia terdapat 5 simbol pancasila, tulisan bhinika tunggal ika serta symbol kemerdekaan Indonesia.





Dalam pandangan masyarakat logo garuda Indonesia yang di buat blok warna merah ini di pandang sebagai kekejaman dandapat mempresentasikan Indonesia yang kejam, di tambah lagi penghapusan nilai-nilai pancasila yang terdapat dalam logo garuda Indonesia ini merupakan sebuah pelanggaran yang signifikan.
Pembuatan logo garuda merah milik salah satu kandidat pemilu ini sebenarnya gak ada yang salah menurut saya.Jika kita lihat dari perspektif tujuan dari pembuatan logo ini tidaklah suatu pelanggaran.
Coba kita nilai sendiri tujuan awal logo ini di buat adalah untuk kepentingan pmilu, bahkan timses partai tersebut pernah mnggungkapkan bawasanya penciptaan logo ini tidak luput sebagai marketing partai artinya dengan logo yang Indonesia banget tidaklah membingungkan masyarakat dan bisa mudah di ketahui. Bisa jadi dari pendapat tersebut malahan dengan adanya pertentangan oleh msyarakat lain seperti saat ini adalah sebagian dari hasil marketing kemenarikan logo sehingga menjadi kontroversi.
Mestinya masyarakat yang kontra terhadap logo garuda merah ini bisa melihat seksama ketika seorg mencalonkan diri mnjadi capres dan cawapres tentunya sudah melewati KPU dan lembaga lain, ketika sekelompok partai dengan caprese dan wapresnya tidak memenuhi kretiria kelayakan sekelompok partai untuk mengikuti pemilu pasti tidak akan di loloskan untuk mengikuti pemilu oleh pihak KPU, dan tentunya KPU bukan lembaga yang abal-abal yang asal meloloskan tanpa sepengetahuannya.
Saya sendiri pernah menjumpai dimana salah satu kelompok masyarakat sedang menggunjing habis-habisan logo tersebut, dan saya ikut komentar dalam pandangan netral atau sebagai desain logo. Setidaknya saya saat itu sudah menyampaikan apa yang saya ketahui tentang desain logo.Saya berpendapat bahwa ketika kita menciptakan sesuatu mestinya gak ada pagar tertentu sehingga membatasi suatu ide atau gagasan, dan akhirnya kita gak bisa berkembang bahkan tidak punya mental untuk membuat karya.

0 komentar:

Posting Komentar